Minggu, 04 April 2010

Profil Pengguna Internet Indonesia

Catatan ini mungkin lebih berguna bagi web designer atau web developer. Karena lebih berisi profil mengenai keterangan teknis mengenai pengguna internet dari Indonesia (OS, browser, search engine, dll). Data di ambil dari Google Analytic, dari sebuah situs yang sangat ramai dikunjungi, dengan jumlah pengunjung 97% lebih dari Indonesia.

Dasar Data

Data hasil Google Analytic, diambil dari sebuah situs yang mempunyai kunjungan (visit) sekitar 2 juta per bulan, dengan total pengunjung unik (Unique Visitor) mencapai 900 ribu lebih per bulan.

by-country

Dari data ini, 97.68% pengunjung berasal dari Indonesia. Jadi, secara umum, cukup mewakili profil pengguna internet di Indonesia.



Sistem Operasi (Operating System)

Data pertama yang patut dilihat, tentunya Sistem Operasi.

os

Windows nampaknya tidak berubah dalam menguasai pasaran OS. Yang cukup mengejutkan, pengguna Macintosh mulai bertambah. Sementara Linux, tak banyak berpengaruh untuk pengguna Internet Indonesia (Benar-benar PR besar bagi Menkominfo kita yang baru).

Disisi lain sistem operasi dari mobile mulai menunjukkan ada kemajuan pesat. Untuk hal ini akan dibahas dicatatan kemudian (mudah mudahan tidak malas, hehehe …).

Sistem Operasi: Windows

Tentunya, kita ingin lebih tahu, versi Windows manakah yang paling banyak digunakan.

os-windows

Yup, seperti dugaan anda, Windows XP masih tetap yang paling banyak. Hal ini menunjukkan Vista tidak sepenuhnya dapat menggantikan XP. Tentunya kita sekarang menunggu, bisakah Windows 7 menggantikan XP di masa mendatang?

Mesin Pencari (Search Engine)

Tentunya anda juga ingin lebih tahu, seberapa besar pengaruh Google di Indonesia. Berikut ini hasil pengunjung dengan referer dari Search Engine

search-engine

Dari sini dapat disimpulkan, utamakan agar dapat di list terlebih dahulu oleh Google. Popularitas pesaing terdekatnya Yahoo, hanya tersisa 5%-an. Bahkan search engine bawaan dari pengguna OS terbesar di atas, (search engine default IE di Windows), tidak mampu menunjukkan secara nyata pengaruhnya.

Browser

Dominasi browser sekarang sudah bergeser jauh. Firefox benar benar sudah memukul dominasi IE sebagai browser bawaan dari OS Windows.

browser

Jika kita perhatikan lagi, IE bahkan mulai digerogoti oleh Safari (browser dari Apple/Mac) dan Chrome (browser dari Google).

Sebagai developer web, ada hal lain dalam browser, biasanya harus digali lebih dalam, yaitu versi dari 2 browser terbanyak.

Browser: Firefox

browser-firefox

Ya, pengaruh Firefox 2.x sudah tidak begitu signifikan. Jadi sebetulnya, acuan standar design sekarang bisa mengabaikan Firefox 2.x, dan lebih fokus ke Firefox 3.0

Browser: Internet Explorer

browser-ie

Untuk yang satu ini, masih jadi berita buruk untuk para web developer. IE6 yang menjadi biang masalah, terutama bagi front-end web developer CSS/XHTML, masih signifikan digunakan para pengguna Internet Indonesia. Jadi anda harus tetap mengecek konsistensi tampilan desain web di IE6 dan IE 7/IE8 (Big Sucks!).

Resolusi Layar (Screen Resolution)

screen-resolution

Acuan untuk resolusi desain web saat ini adalah 1024pixel x 768pixel. Pengguna internet Indonesia sudah mulai banyak membuang layar tuanya yang masih beresolusi 800pixel x 600pixel.

Kedalaman Warna Layar (Screen Color)

screen-color

Pengguna 16-bit masih menunjukkan pengaruhnya walau tidak begitu signifikan. Itu artinya para web designer agak sedikit bebas dalam memainkan warna.

Flash

flash

Flash juga nampaknya tidak menunjukkan masalah. Karena pengguna terus menerus mengupgrade versi flash nya.

Dukungan Java (Java Support)

java

Hasil data yang ini terus terang cukup mengejutkan saya. Karena situs situs baru saat ini sangat mengandalkan java (sebagai contoh: facebook). Saya masih bertanya tanya apakah benar data ini valid, bahwa hanya sekitar 2/3 nya saja yang menyalakan java. Atau mungkin ada yang lebih tahu mengenai hal ini?

Selengkapnya...

Search Engine Optimization: Tujuan

Sudah kita ketahui bahwa Optimasi Search Engine merupakan hal yang sangat penting jika ingin berhasil di dunia internet. Yang jarang disadari adalah menetapkan tujuan utama dari Search Engine Optimization (SEO). Jika kita salah, SEO justru akan memakan banyak waktu dan uang, tanpa hasil yang berarti. Jika dilakukan dengan benar, SEO dipastikan akan sangat membantu bisnis anda.
Tujuan SEO sangat simpel yaitu menarik pengunjung baru ke situs anda, membuat web menjadi mudah ditemukan oleh “pengunjung yang tepat” serta mencoba menyelaraskan prospek dengan apa yang kita tawarkan.
SEO bukanlah suatu cara agar kita dapat di list untuk semua keyword yang mungkin. Banyak orang berusaha untuk mendapatkan rangking search engine yang tinggi, untuk keyword sebanyak mungkin. Ini bukan saja pekerjaan yang sangat banyak, tapi juga membuang-buang waktu.

Listing untuk keyword sebanyak mungkin bukan sesuatu yang penting. Yang penting adalah website anda dapat di list untuk keyword yang tepat dan ‘mengubah’ pengunjung website anda menjadi pembeli.
Jadi bagaimana anda dapat memperbaiki hasil SEO?

* Buatlah Web yang meyakinkan
Ini adalah langkah yang paling penting. Jika anda mempunyai web yang tidak menarik bagi target pengunjung anda, maka anda tidak perlu bersusah-payah mendapatkan pengunjung. Web anda harus didesign sedemikian rupa sehingga pengunjung akan menjadi pembeli. Anda harus membangun kepercayaan, meyakinkan pengunjung dan cukup mudah digunakan.
* Cari keyword yang tepat
Cari keyword yang paling baik untuk anda. Cobalah Pay-Per-Click yang ditawarkan oleh Google dan Yahoo, untuk mencari keyword yang tepat bagi situs anda. Perhatikan dan monitor, keyword yang baik, dengan menggunakan tools yang disediakan oleh Google dan Yahoo.
* Optimasi web anda dengan keyword ini
Setelah anda mengetahui keyword yang paling banyak meng-konversi pengunjung jadi pembeli, maka saatnya bagi anda untuk mengoptimasi situs anda agar sesuai dengan keyword ini. Promosi di Google atau Yahoo adalah cara agar anda dapat menguji keyword andalan anda. Sementara optimasi web anda bertujuan agar mendapat rangking baik di hasil search engine, tanpa harus mengeluarkan biaya.

SEO akan sangat berguna jika anda berkonsentrasi pada tujuan yang benar. SEO adalah improvisasi bisnis anda, bukan menghasilkan traffic sebanyak-banyaknya. Fokus pada target pengunjung yang dinginkan dan keyword yang paling cocok. Anda akan menghemat pekerjaan anda dan tentunya sambil menaikkan profit anda.
Selengkapnya...

Jadwal MotoGP 2010


Yang menarik, pada motor Rossi dan Lorenzo terdapat tulisan 'Semakin di Depan'. Ini merupakan sejarah, kali pertama kalimat bahasa Indonesia terpampang di motor pembalap MotoGP.
Jadwal
1. 11 April Qatar (Losail)
2. 25 April Jepang (Motegi)
3. 2 Mei Spanyol (Jerez)
4. 23 Mei Prancis (Le Mans)
5. 6 Juni Italia (Mugello)
6. 20 Juni Inggris (Silverstone)
7. 26 Juni Belanda (Assen)
8. 4 Juli Catalunya (Catalunya)
9. 18 Juli Jerman (Sachsenring)
10. 25 Juli USA (Laguna Seca)
11. 22 Agustus Republik Ceko (Brno)
12. 29 Agustus Indianapolis (Indianapolis)
13. 5 September San Marino & Riviera di Rimini (Misano)
14. 19 September Hungaria (Balatonring)
15. 10 Oktober Malaysia (Sepang)
16. 17 Oktober Australia (Phillip Island)
17. 31 Oktober Portugal (Estoril)
18. 7 November Valencia (Ricardo Tormo)

Susunan pembalap MotoGP 2010 (urutan berdasar nomor motor pembalap):
4. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda Team
5. Colin Edwards USA Monster Yamaha Tech 3
7. Hiroshi Aoyama JPN Intrerwetten-Honda MotoGP
11. Ben Spies USA Monster Yamaha Tech 3
14. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP
19. Alvaro Bautista ESP Rizla Suzuki MotoGP
24. Marco Melandri ITA San Carlo Honda Gresini
26. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team
27. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team
36. Mika Kallio FIN Pramac Racing Team
40. Hector Barbera ESP Aspar MotoGP Team
41. Aleix Espargaro ESP Pramac Racing Team
46. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team
58. Marco Simoncelli ITA San Carlo Honda Gresini
65. Loreis Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP
69. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro Team
99. Jorge Lorenzo ITA Fiat Yamaha Team
Selengkapnya...