Rabu, 13 April 2011

MATA UANG ASING

Uang yang kamu pakai hanya berlaku di Indonesia, kamu hanya bisa menggunakan uang kamu hanya di Indonesia, begitu juga orang dari luar negeri sana, jika mereka berkunjung ke negara kita, mereka tidak bisa menggunakan uang di negara asal mereka. Lalu gimana caranya kita bisa berbelanja jika kita kebetulan ke negeri orang? Atau gimana cara turis-turis itu berbelanja di negeri kita?
55010863 Kita ketahui bersama bahwa sebelum ada uang, orang melakukan ”jual-beli” dengan sistem BARTER, yaitu dengan menukarkan satu barang dengan jenis barang lain yang mereka sepakati memiliki nilai yang sama. Namun cara seperti itu dirasa kurang praktis, sehingga akhirnya muncul lah sistem pembayaran dengan mata uang.
currency+sample4 Tiap-tiap negara memiliki ”nilai” tersendiri dalam menentukan nilai mata uangnya, itulah yang menyebabkan mata uang satu negara hanya berlaku di negara tersebut. Misal Indonesia mata uangnya Rupiah, Inggris-Poundsterling, Amerika-US Dollar, negara eropa- Euro, dan sebagainya. Perbedaan nilai antara mata uang tersebut disebut KURS
Sejarah pertukaran mata uang sendiri dimulai sejak munculnya mata uang itu sendiri, pada mulanya tiap negara menggunakan standar EMAS untuk menjamin ketersediaan uang di negaranya. Sistem ini berlaku hingga Pecah perang Dunia I. Lalu atas prakarsa Amerika serikat diadakanlah pertemuan moneter dunia yaitu The Bretton Woods Conference pada tahun 1944 (dihadiri 44 negara). Hasil pertemuan tersebut menyepakati bahwa mata tiap negara menentukan nilai mata uangnya mengacu kepada dollar Amerika.
180px-Goldkey_logo_removed Sistem tersebut berubah lagi pada tahun 1971, diberlakukan sistem nilai tukat mengambang, jadi tidak harus mengacu kepada dollar Amerika.
currency-exchange-480 Misal kamu ingin ke Singapura, maka kamu bisa menukarkan uang Rupah kamu dengan uang dollar Singapura di tempat bank atau tempat penukaran uang ”money changer”, disana kamu bisa melihat berapa nilai tukar yang berlaku untuk tiap-tiap negara.
Nah adakah diantara kamu yang gemar mengkoleksi mata uang dari negara lain? Menarik juga lho.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar