Rabu, 13 April 2011

URUTAN ANGKA PADA KALKULATOR DAN TELEPON

Apa perbedaan alat komunikasi (Telepon, Handphone) dengan alat hitung (kalkultor). Ya jelas berbeda dong, yang satu alat untuk berkomunikasi, yang satu lagi untuk menghitung. Benar, tapi bukan itu jawabannya. Ayo coba apa yang berbeda dari kedua benda itu.... hpim3925Coba amati susunan angka tombolnya. Nah sudah menemukan jawabannya? Coba amati dengan seksama...... Ya.. susunan angka dari alat komunikasi adalah angka satu di bagian atas dan angka sembilan di bagian bawah. Sementara susunan angka dari kalkulator adalah sebaliknya, yaitu angka 1 di bagian bawah dan angka 9 di bagian atas. Kenapa begitu ya?
Banyak versi yang menjelaskan mengapa terdapat perbedaan susunan angka di pesawat telpon dan kalkulator, berikut beberapa penjelasannya

  • belltelephone_1Prototype/contoh model telepon dengan tombol angka pertama kali diusulkan oleh perusahaan Bell Telephone Laboratory, menurutnya susunan angka pada tombol dibuat berbeda agar pengguna kalkulator tidak memijit angka telepon terlalu cepat yang menyebabkan salah sambung. Hal ini terjadi karena seperti kita ketahui pengguna kalkulator di dunia ini sangat piawai menggunakan jari-jarinya pada kalkulator dengan kecepatan yang mengagumkan, sementara pada saat itu sentral telepon belum bisa merespon permintaan sambungan telepon secepat itu.
  • rotaryphonePesawat telepon sebelumnya adalah dengan tipe cakram berputar, dimana angka 1 nya juga ”diatas” dan angka 9 nya ”dibawah”, sehingga susunan tombol angka yang diusulkan ini adalah dalam rangka penyesuaian terhadap sistem yang lama.


  • Susunan angka yang pada telepon tersebut, memungkinkan urutan Abjad yang ”normal” berurutan dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah (perhatikan huruf ”a-b-c. dst pada papan angka)
Nah pola susuanan angka itu berlaku hingga kini, dan diberlakukan di seluruh dunia
(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar